Tuesday, February 24, 2015

Kadang kita merasa stuck saat bekerja atau belajar. Merasa ngantuk dan nggak fokus. Dan akhirnya pekerjaan kita tidak selesai atau selesai dengan hasil kurang maksimal. Berikut ini ada 7 tips agar kita dapat memaksimalkan produktivitas otak kita saat bekerja atau belajar.

1. Jauhi gangguan
Jauhi segala gangguan yang mungkin terjadi, seperti gangguan dari teman, keluarga, atau suara bising yang mengganggu konsentrasi. Ini termasuk mematikan telepon saat bekerja. Jangan melakukan pekerjaan dengan diselingi kegiatan lain, karena pekerjaan yang dilakukan secara multitasking akan membuat waktu bekerja kita lebih lama 40%.

2. Buat To-do List
Buatlah to-do list atau rencana kerja agar pekerjaan lebih efisien. Selain itu, membuat catatan daftar akan membantu kita dalam mengingat. Lebih baik kita membuat daftar ini dengan menulis tangan di buku catatan dibandingan mencatatannya di smartphone kita. Menulis dengan tangan akan meningkankan kemampuan kognitif otak!

3. Hindari mata lelah!
Mata yang terlalu lama dipaksa bekerja di depan layar akan membuatnya lelah dan berujung pada sakit kepala. Selain itu mata lelah juga meningkatkan resiko mata kita menjadi rabun. Untuk itu lakukan tips 20-20-20 yaitu setiap 20 menit kalian harus melihat suatu benda dengan jarak minimal 20 meter selama 20 detik. Ini akan merelaksasi otot mata.

4. Bekerja dalam cahaya terang!
Bekerja dengan cahaya terang akan meningkatkan kinerja otak. Terlebih jika sumber cahayanya alami makanya akan lebih baik jika kita memiliki lampu full spectrum.

Sumber : Medical Daily

5. Olahraga ringan disela bekerja
Terlalu lama duduk akan membuat kita merasa lelah. Berjalan-jalan 10 menit akan meningkatkan sirkulasi oksigen dan darah. Ini akan meningkatkan energi kita selama 2 jam.

6. Minum cukup air!
Saat kita lelah biasanya kita akan minum kopi. Kopi dan gula memang akan memberi energi instan. Namun hal ini tidak baik. Kopi menyebabkan kita dehidrasi dan tubuh tergantung pada kafein. Ganti dengan air putih dingin agar tetap terjaga.

7. Caffeine Nap
Namun jika kalian butuh kafein, ini ada tips minum kafein yang patut kalian coba. Cobalah caffein nap (tidur singkat kafein). Minum secangkir kopi, pasang alarm 15-20 menit dan tidur lah dalam ruang gelap dan tanpa cahaya. Efek kafein yang akan kalian rasakan pasti lebih nendang. Ini karena kafein butuh waktu 15-20 menit untuk bekerja. Jangan tidur terlalu lama karena jika kita masuk ke fase tidur dalam kita malah akan menjadi pusing.

Sekian tips meningkatkan produktivitas bekerja dan belajar. Semoga dapat membantu!

Suka artikel ini? Klik dan bagikan via

FacebookGoogle+LineTwitterWhatsapp

0 comments:

Post a Comment

Yang sabar ya, komennya ntar muncul kalau sudah aku approve.