Saturday, August 16, 2014

Hallo! Selamat siang!

Pernah dengar glutathione kan? Dari tahun 2012-an, zat ini booming sebagai pemutih kulit. Mulai dari sabun, krim, pil, sampai injeksi semua berembel-embel glutathione. Sebenarnya apa glutathione itu?

ilustrasi pil suplemen
Glutathione adalah antioksidan yang sangat kuat, saking kuatnya sering disebut sebagai Mother of Antioxidants. Glutathione diproduksi oleh organ terbesar kita yaitu hati! Sudah tahu kan fungsi antioksidan? Menangkal efek radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh. 

Manfaat Glutathione
Manfaat Glutathione
Apakah benar Glutathione dapat memutihkan kulit?
Menurut penelitian Matsuki et. al (Inhibitory Mechanism of Melanin Synthesis by Glutathione. 2008), Glutathione menghambat pembentukan melanin atau pigmen kulit oleh melanocyte. Cara kerjanya dengan menghambat reaksi enzim tyrosinase dan L-DOPA. Nah efek ini lah yang dimanfaatkan dalam industri pemutih kulit. Efek ini hanya dapat diperoleh jika kadar glutathione melimpah, sedangkan pada kenyataannya produksi glutathione dalam tubuh rendah.

Selain memutihkan kulit apakah ada manfaat lainnya?
Sebenarnya glutathione ini sangat banyak manfaatnya, nggak cuma memutihkan kulit. Sebagai antioksidan yang sangat kuat, glutathione digunakan untuk mencegah dan terapi berbagai penyakit seperti kanker, AIDS, asma, kemandulan sampai penuaan dini.

Paling efektif untuk memutihkan produk apa yang harus digunakan?
Banyak sediaan glutathione seperti pil, sabun, lotion, inhaler (hirup) dan injeksi. Produk yang paling efektif digunakan adalah injeksi dan inhaler. Sedangkan pil, lotion apalagi sabun, kurang efektif. Hati-hati dengan klaim pil pemutih glutathione karena glutathione akan hancur dicerna usus. Beberapa penelitian menunjukkan meminum pil glutathione tidak meningkatkan kadar glutathione dalam darah secara signifikan. Bahkan sudah dibantu dengan booster seperti vitamin C dan E, pil glutathione tetap tidak efektif.

Efek sampingnya apa?
Secara umum glutathione aman. Namun karena zat ini adalah protein, beberapa orang dapat mengalami reaksi alergi seperti gatal-gatal dan sesak napas.

Lho katanya bisa menyebabkan sakit ginjal?
Yang menyebabkan sakit ginjal sebenarnya adalah vitamin C. Penggunaan / terapi dengan glutathione biasanya dibarengi dengan vitamin C dosis tinggi. Vitamin C berfungsi sebagai booster reaksi glutathione. Konsumsi vitamin C dosis tinggi tanpa dibarengi cukup minum air dapat menyebabkan batu ginjal! Jadi ketika memutuskan suntik glutathione tanyakan pada dokter apakah zat yang disuntikkan mengandung vitamin C juga.

Bisa tidak kita meningkatkan glutathione dalam darah secara alami?
Karena glutathione dapat diproduksi tubuh, tentu kita bisa meningkatkan produksinya! Tapi peningkatan ini tidak akan memulihkan kulit kita secara drastis. Lho? Tenang, peningkatan hanya mengembalikan warna kulit yang asli. Oke?

Caranya bagaimana?
  1. Hindari merokok, kafein, alkhohol, pengawet makanan, junk food. Makan sehat! Kalau perlu dengan sayur organik.
  2. Olahraga! Paling mudah, cobalah jalan kali minimal 45 menit setiap hari.
  3. Minum vitamin C dosis tinggi, tapi ingat jangan lupa minum cukup air agar terhidar dari kerusakan ginjal. Baca : Vitamin C dapat memutihka kulit!
  4. Minum suplemen NAC. NAC adalah prekursor glutathione.
  5. Konsumsi whey protein atau daging merah. Karena glutathione adalah protein, untuk membentuknya juga memerlukan protein. Daging dan sumber protein lainnnya mengandung sistein dan glutamin. Jika ingin praktis, cari suplemen whey protein yang berkualitas.
  6. Minum vitamin B kompleks untuk memperbaiki metabolisme protein.
  7. Tingkatkan konsumsi susu dan telur. Susu yang baik adalah susu segar.
  8. Perbaiki fungsi hati dengan minum jamu rimpang-rimpangan. Seperti temulawak, kunyit, jahe, kencur, dll
  9. Konsumsi kacang-kacangan untuk mencukupi kebutuhan selenium yang berfungsi dalam detox.
  10. Konsumsi makanan yang mengandung ALA seperti tomat, brokoli dan dedak. 
  11. Hindari stress dan cukup tidur. Tidur malam diusahakan dalam keadaan gelap agar kulit tidak terpapar sinar terus-menerus.
Gado-Gado : Ada telur, kacang, tomat, sayur mentah
Sekian dulu ya bro, semoga memberi gambaran tentang glutathione. Tetap sehat dan ganteng. :D

Suka artikel ini? Klik dan bagikan via

FacebookGoogle+LineTwitterWhatsapp

6 comments:

  1. Betulll... Q injeksi glutathione 3 th kadar fatty liver menurun dan hampir habis dan daya lihat smakin jernih.. Bonusnya kulit sehat (gak putih tp kenyal)

    ReplyDelete
  2. ika kurniawati tanya dong.untuk injeksi glutarhione itu gmn caranya.? terus beli dmn.?

    ReplyDelete

Yang sabar ya, komennya ntar muncul kalau sudah aku approve.