Tuesday, March 3, 2015

Bagi cowok yang ingin memiliki jenggot atau kumis pasti pernah mencoba berbagai obat dan ramuan untuk menumbuhkannya. Kalau sebelumnya kita pernah membahas Efek Samping Minoxidil Penumbuh Jenggot, sekarang kita akan membahas Firdaus Oil. Mulai dari legalitas, komposisi dan efek samping Firdaus Oil.

1. Apa itu Firdaus Oil?
Produk yang dikatakan bermanfaat untuk menumbuhkan jenggot, kumis, dan rambut.

2, Apakah Firdaus Oil terdaftar secara resmi di BPOM?
Ya! Firdaus Oil teregistrasi dengan nomor NA18131001214 sebagai kosmetik! Jadi bukan obat atau jamu ya! Hati-hati dengan produk palsu yang masih mencantumkan nomor registrasi dari Depkes RI, karena ini sudah tidak berlaku.


3. Produk impor atau lokal?
Ini diproduksi oleh perusahaan lokal yang berlokasi di Jakarta Timur.

4. Apa komposisi Firdaus Oil?
Firdaus Oil berisi : Resorcinol, Alpha Naphthol, Quinine HCI, Allantoin, Egg Oil, Oleum Ricini, Oleum Olivarum.

5. Sekarang kita bahas masing-masing bahan kimia yang ada di Firdaus Oil.
  • Resorcinol : Resorcinol ini dikenal sebagai bahan obat kulit yang bersifat antiseptik untuk mengobati gatal-gatal, eksim, jerawat, psoriasis, anti ketombe dan sebagainya. Zat ini juga sering ditemukan di pewarna rambut. Resorcinol dapat memberi efek samping pusing, kulit berwarna biru, dan pernafasan terganggu
  • Alpha Naphthol : Alpha naphthol sering ditemukan pada produk pewarna rambut sebagai pelarut cat. Di beberapa negara zat ini sudah dilarang digunakan untuk kosmetik karena dapat mengiritasi kulit.
  • Quinine HCI : Quinine pada umumnya digunakan sebagai obat malaria! Selain itu, quinine juga digunakan untuk campuran minuman keras (tonic gin) untuk memberikan rasa sedikit pahit. Dalam dunia kosmetik, Quinine digunakan dalam produk shampo dan pelembap rambut pencegah kerontokan. Efek sampingnya adalah mengganggu saraf mata.
  • Allantoin : Allantoin berfungsi untuk melindungi kulit. Zat ini diproduksi dari urin sapi atau tanaman Symphytum sp (kompri/comfrey). Selain itu juga dapat diproduksi secara sintetis.
  • Egg Oil : Egg oil atau minyak telur didapat dari ekstrak kuning telur. Seperti yang kita tahu, kuning telur dapat melebatkan rambut.
  • Oleum Ricini : Oleum Ricini adalah nama lain dari minyak jarak. Minyak jarak secara tradisinal sudah dikenal sebagai pencegah kerontokan dan membuat rambut berkilau.
  • Oleum Olivarum : Oleum Olivarum adalah nama lain dari minyak zaitun.

6. Adakah efek samping Firdaus Oil?
Efek samping yang mungkin ditimbulkan Firdaus Oil bisa disebabkan oleh salah satu bahan komposisinya, cek poin nomor 5.

7. Apakah Firdaus Oil benar-benar dapat menumbuhkan rambut?
Seperti penggunaan Minoxidil, keberhasilan menggunakan Firdaus Oil ini tergantung gen masing-masing orang. Orang yang memang memiliki gen beardless alias keturunan jenggot sedikit atau malah tidak berjenggot, tentu tingkat keberhasilannya sangat kecil. Ini karena kantung rambut yang dimiliki lebih sedikit dan kecil. Selain itu pertumbuhan jenggot dan rambut tubuh juga dipengaruhi oleh hormon dan gizi. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh seorang Kaskuser, hanya 24% yang berhasil melebatkan jenggot menggunakan Firdaus Oil. 35% hanya tumbuh tipis dan 41% tidak berhasil sama sekali.

8. Jadi kesimpulannya apa?
Secara pribadi, aku kurang menyarankan. Ini hanya pendapat pribadi. Kalau ingin mencoba ya silahkan bro. Kalau berhasil dan nggak setuju dengan pendapat di sini, silahkan komentar. Nanti saya update!

Catatan :
Ini hanyalah pendapat pribadi, tidak bermaksud menjatuhkan atau menjelekkan. Semua sumber didapat dari internet. Kalau ada yang mau kirimi Firdaus Oil agar saya coba, dengan senang hati akan aku terima. Hehehe. Update : Silahkan baca komentar no 1. Thx (Baca : Cara Menumbuhkan Jenggot)

Suka artikel ini? Klik dan bagikan via

FacebookGoogle+LineTwitterWhatsapp

12 comments:

  1. Halo om mimin mau kasih pendapat + masukan saja.
    Kebetulan saya apoteker dan sedikit mngerti tentang produk kosmetik/obat tradisional yg beredar di indonesia

    1. Fidaus oil yang sekarang (nomor POM) tidak mengandung resorcinol dan egg oil. Firdaus oil mengandung glycine soja oil, minyak jarak, olive oil, parfum, alpha napthol, quinine dan minyak esensial lainnya, jadi hanya mengandung minyak esensial (untuk no 4)
    2. Setiap zat memiliki efek samping jika melebihi batas ambang kadar yang diperbolehkan. Jadi jika ada suatu produk dalam hal ini Firdaus Oil dengan no BPOM, itu menunjukkan bahwa produk tersebut menggunakan bahan yang aman dengan konsentrasi yang disarankan, (jadi efek samping yang ditulis tidak akan terjadi karena aman dan kadar di bawah kadar maksimal)---dapat dibaca di persyaratan teknik kosmetika BPOM ( untuk no 5)
    3. Metode apa yang dipakai oleh kaskuser yamg menunjukkan data tersebut? Karena untuk mengetahui persentase keberhasilan suatu produk, harus mnggunakan metode ilmiah dan terpercaya dnergan tingkat kepercayaan 95 % yang meliputi subjek, lokasi, dll....(pengalaman skripsi boo ) ( untuk no 7)
    4. Kalo saya pribadi menyarankan penggunaan firdaus oil karena memang terbukti menumbuhkan bulu2 halus (kumis jenggot alis rambut) dan produknya sudah lama dari 1950an karena firdaus oil sudah dipakai kakek saya, ortu saya terutama ibu untuk rambut dan juga saya pakai untuk pertumbuhan jenggot...TERBUKTI 3 minggu jambang saya tumbuh,,,adik perempuan saya yang sudah berobat ke dokter ahli kecantikan karena rambutnya tipis dan agak pitak karena kecelakaan, sudah berobat kemana2, pake minyka kemiri dll gak tumbuh, tapi alhamdulillah pake firdaus oil tumbuh...skrg rambutnya tumbuh bagus dan panjang
    Sekian gan..tlg diupload ya om mimin
    Salam
    Asep Arif, S.Farm Apt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau nanya nih . bahan kimia yang ada di minyak firdaus aman ga sih kalo di pake di alis ? takutnya ada efek samping ke syaraf mata atau yang berhunungan dengan mata gitu gann . rencana mau beli buat nebelin alis tapi takut bahaya ke matanya

      Delete
    2. Ga ada gan. Aman kok. Ane make juga. Tapi ya kalo hasil ny mah. Bulu bulu nya tipiss bangeeet

      Delete
    3. balik lagi ke genetik kan nda?

      Delete
  2. mas kalo pitak bekas bisul bisa tumbuh gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus dilihat dulu jaringannya rusak nggak, kalau nggak ya masih memungkinkan untuk tumbuh

      Delete
  3. Berapa jam untuk membilas setelah memakai gan...tolong responya

    ReplyDelete
  4. Brpa jam si gan untuk membilas ny setelah memakai firdaus oil....mohon responya gan

    ReplyDelete
  5. Pertengahan 2016 Sy pake firdaus oil skitar 3bln, memang ada hasilnya... Tadinya bagian yg ga ada rambutnya sekarg sdh tumbuh.... Utk sy pribadi sebenernya kurang puas...

    ReplyDelete

Yang sabar ya, komennya ntar muncul kalau sudah aku approve.