Saturday, December 10, 2016

Bro, aku mau review produk RDL. Kali ini review yang sebaiknya nggak kalian ikuti sebelum sadar akan efek sampingnya. Kenapa? Penasaran? Baca lebih lanjut.

Oke ada yang belum tahu produk RDL? Dulu produk RDL yang paling booming dan mudah didapat adalah sabun pepaya RDL. Sabun warna oranye dan hampir mirip-mirip dengan Kojiesan. Efek mencerahkannya cukup nampol, dan bikin kulit peeling persis Kojiesan. Maklum sama-sama impor dari Filipina, tapi RDL ini versi ekonomisnya. Sekarang sabun ini sudah agak susah ditemukan di Semarang.

Nah kali ini aku bukan mereview sabunnya tetapi astringen aka toner RDL. Toner RDL ini ada 3 varian RDL Babyface No. 1 sampai 3. Yang paling mudah didapat adalah RDL Babyface No. 3. Aku beli produk ini di toko kosmetik langganan harganya kurang lebih Rp 35.000. Wadahnya oranye petunjuk pemakaiannya bahasa inggris dan filipina. Botolnya kaca cokelat agar tidak rusak karena sinar. Cairannya berwarna kecokelatan.

Kurang lebih kaya gini botol RDL Babyface No.3
Nanti aku foto punya aku sendiri. Lupa.
Tujuanku nekad pakai ini ya pengen aja punya kulit flawless. Koplak banget kan? Hahaha. Nggak perlu putih deh asal nggak ada bintik-bintik bekas jerawat. Ingat jangan tiru ya! Aku pakainya sembunyi-sembunyi. Bahkan label botolnya aku kelupas. Hahaha

RDL Babyface No. 3 

RDL Babyface No. 3 ini bahan aktifnya adalah tretinoin 0,02% dan hydroquinone 4% dalam alkohol. Whattt??? Nggak salah nih? Bener kok, ini produk ilegal. Hahaha. Parah benerkan. Tretinoin saja resminya hanya boleh dijual di apotek dan hydroquinone paling banter di apotek seingatku paling tinggi 2%. Hahaha. Dan aku nekat banget beli ini. Jadi kalian yang mau ikut-ikutan pakai, harus inget dipikir baik-baik dulu.

Yang pernah pakai Vitacid Lotion 0,05% cair pasti tahu kan efek ketika pakai, kulit jadi kering dan mengelupas parah. Dan waktu kulitnya peeling gitu kadang ada sensasi terbakar di kulit. Nah pakai RDL Babyface No. 3 ini juga begitu. Walaupun RDL ini kadar tretinoinnnya lebih rendah tapi karena pelarutnya sama-sama alkohol ya efek sampingnya sama. Hahaha

Nah ini dia yang bikin kontroversi, kandungan hydroquinone. 

RDL Babyface No. 3 kandungan hydroquinone-nya lebih tinggi dibandingkan RDL Babyface No. 2. Memang dari produsennya RDL Babyface No. 2 berfungsi sebagai pembasmi jerawat sehingga tretinoinnya lebih tinggi dan yang No. 3 untuk menghilangkan bekas hitamnya. Hydroquinone memang jadi obyek pembicaraan yang kontroversial di dunia skincare. Beberapa negara sudah melarang sedangkan negara yang lain cenderung membatasinya. Hydroquinone masih dipandang aman jika penggunaannya terbatas dan diawasi. Di Indonesia sendiri penggunaan hydroquinone yang dijual bebas sudah dilarang. Jalur resminya lewat apotek dan itupun paling tinggi 2% untuk yang dijual tanpa resep sedangkan 4% harus pakai resep. 

Untuk ulasan lebih lanjut tentang tretinoin kalian bisa baca di Tanya Jawab Tentang Vitacid dan hydroquinon di Melanox Penghilang Bekas Jerawat

Nah sekarang review pemakaian RDL Babyface No. 3 - Tahap 1. Mengapa Tahap 1 karena nanti ada Tahap 2. Hehehe. Pada petunjuk pemakaiannya, maksimal penggunaan hanya selama 2 bulan dan 10% permukaan kulit (wajah dan leher doang). Nah aku split jadi 2 tahap tuh. Tahap 1 dari tanggal 20 November - 15 Desember, break 10 hari, dan lanjut lagi 26 Desember - 25 Januari. Aku split karena sekitar tanggal 20 mau foto prewedding. Nggak keren kalau kulitnya masih mengelupas gitu kan. Hehe

Pemakaian hari 1-5 belum ada efek samping apapun. Hari ke-6 mulai deh kulit kering dan mengelupas halus. Sekitar mulai hari ke-8 ada sensasi kulit terbakar seperti pakai Vitacid Lotion. Perih bro. Hahaha. Lanjut aja. Emang nekad banget.

Kalau dari forum dan blog-blog luar rata-rata mereka bakal berhenti 2-3 hari waktu kulit mengelupas dan perih. Tapi aku tetap hajar saja. Hahaha. Selain pakai RDL Babyface No. 3 tiap pagi aku pakai Niacef 4% dan Sunscreen Wardah SPF 30%, siang oles ulang sunscreen, lanjut sore pakai Probio C spray. Malam baru pakai RDL. Terus maskeran juga. Sabun wajahnya pakai Papaya Dream. Kalau ada yang kasihan dengan kulit aku ya emang kasian tapi vitamin B dan C tujuannya untuk nutrisi kulit kok.

Ingat pakai suncreen atau sunblock itu kewajiban. Karena tretinoin meningkatkan sensitifikas kulit apalagi hydroquinon menghambat pembentukan melanin jadi kulit rentan sama sinar matahari. Bahkan besok Tahap 2, aku mau pakai sunblock Parasol yang lebih nendang.

Sekarang tanggal 10 Desember, kulit udah nggak begitu perih dan noda udah mulai samar. Kulit lebih cerah? Ya! Dan juga kelihatan mulus gitu. Sama temen kantor dikira habis perawatan di klinik. Hahaha.

Udah dulu. Tunggu update tahap 2 tahun depan ya masbro! (Baca : Review RDL Babyface No. 3 Tahap 2 dan hasilnya)
Ingat jangan ditiru kalau belum yakin. Kalau mau tanya bisa lewat line official account bisa klik banner atau di sini.

Salam Ganteng

Suka artikel ini? Klik dan bagikan via

FacebookGoogle+LineTwitterWhatsapp

22 comments:

  1. Bro, saran aja. Kalo review skincare pake photo before/after juga dong. Biar afdholl. Heheh. Nice post

    ReplyDelete
    Replies
    1. malu gue, hahaha, itu review tahap 2 ada kok foto afternya. :-)

      Delete
  2. Bro gue make rdl juga nih cepet si ilangnya tp kaya berbekas gitu terus merah2 gmn tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo sudah selesai berhenti aja. trs lanjut pake sunblock. kulitnya putih ya bro?

      Delete
  3. Di toko kosmetik adanyah :Maxi peel juga ada

    ReplyDelete
  4. Aku pemula ka baru pake rdl trus di pake nya 2 kali 1 hari jadi pasi sesudah mandi sama malem sebelum tidur , ini belum ada efek sih soalnya baru 4 hari trus kalo sesudah pake rdl pas pagi boleh pake bedak ga ya, saran dong ka

    ReplyDelete
  5. Gua tau ini produk pas temen gua cerita kalo dia lg perawatan kulit gitu, trus gua tanya produknya apa dan dia kirim fotonya. Gua juga baru banget tau kalo ada skincare merk rdl baby face. Dari yg gua baca di boxnya gua udah serem bgt. Apalagi di depannya ada tulisan hydroquinone, makin gak berani gua. Tapi temen gua tetep pake dan dia dibeliin sama nyokapnya. Sekarang sih kulitnya jadi bagus gitu, putih dan mulussss. Tapi tetep aja ada kandungan kimianya banyak banget cinnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya aku juga cuma pake 2 bulan, hahaha...
      emg hidrokuinon itu kontroversial. hoho

      Delete
  6. Kalau ada jerawat, banyak bekas jerawat, komedoan dan flek rdl boleh dipakai?

    ReplyDelete
  7. Say baru pake rdl yang no.2 baru 3 hari kulit udah ngelupas....
    Kalo kulit udah ngelupas rdlnya lanjut dipakai atau berhenti dulu...
    Soalnya saya baru pake produk kaya gini dan blm terlalu ngerti....
    Saranya dong ka apa terus rdlnya terus dipakai meskipun kulit udah ngelupas atau berhenti dulu .....

    ReplyDelete
  8. Klo d canpur pke facial toner laen boleh ga??

    ReplyDelete
  9. serem bro dulu pernah coba dan gak mau lagi

    ReplyDelete
  10. mau nanya sy pake rdl, kulit udh ngelupas tapi merah itu kenapa? apa efek matahari juga berpengaruh

    ReplyDelete
  11. Itu maksudnya maskeran dlu, atau pke rdl dlu

    ReplyDelete
  12. bang, kalo gk jerawatan tp pngn kulit mulus bisa pake yg apa yaa?

    ReplyDelete
  13. Brow ane pake nih udah ngelupas tp belum sepenuhnya,boleh gak langsung pake pelembab cream,misal ponds

    ReplyDelete
  14. Bro gue baru nyoba rdl ini,dan selama masa pemakaian rdl ini gue ga pernah pake sunblock,harus banget kah bake sun block?karna kulit gue sensitif dan kadang ga cocok pake sunblock.kalo ada sran dong sunblock yg cocok buat kulit sensitif

    ReplyDelete

Yang sabar ya, komennya ntar muncul kalau sudah aku approve.