Thursday, December 22, 2016

Kali ini aku mau berbagi resep lulur badan buatan sendiri. Pokoknya yang gampang dan nggak ribet, bahan utamanya adalah beras! Yups, beras sudah semacam bahan pokok untuk skincare Asia, nggak cuma bahan pokok pangan ya. Banyak sekali produk skincare baik tradisional maupun sophisticated berbahan dasar beras, contoh paling mudah ya lulur kocok, bedak dingin dan pitera.

Beras mengandung vitamin B terutama B3 yang sangat bagus bagi kesehatan dan kelembapan kulit. Itu sebabnya jika kalian mengecek daftar bahan aktif suatu produk perawatan entah itu lotion maupun moisturizer kadang menjumpai vitamin B. Bahkan vitamin B juga digunakan dalam mengobati jerawat!

Nah, lulur yang aku buat ini berasnya aku fermentasikan dulu 1-2 minggu. Mengapa berasnya difermentasi? Aku ingin memanfaatkan asam-asam dan pitera yang dihasilkan saat fermentasi beras. Asam yang dihasilkan ringan kok, cukup buat mild peeling badan. Kalau pitera nggak usah dijelaskan lagi kan manfaatnya?

Cara buatnya mudah saja kok. Ambil secukupnya beras, kalau aku kurang lebih 1 cangkir. Kemudian dicuci sampai bersih dan dimasukkan ke dalam botol selai kaca. Beri sedikit air dan tutup botol menggunakan kain bersih. Didiamkan selama 1-2 minggu di tempat yang teduh dan bersih. Setiap 2-3 hari air dalam botol diganti. Jika fermentasi berlangsung, maka akan dihasilkan gelembung udara dan berbau sedikit asam. Setelah selesai difermentasikan, tiriskan beras dan angin-anginkan beberapa saat. Kemudian beras ditumbuk halus, ini sangat mudah karena berasnya sudah mengembang dan sedikit lunak. Kalau aku sendiri lebih suka tekstur yang agak kasar biar bisa buat scrub kaki. Hehehe.

Lulur Beras Fermentasi Kayumanis dan Kopi

Lulur siap dipakai atau dicampur bahan tambahan lain. Kalau aku masih aku tambah dengan bubuk kayu manis dan kopi, Kayu manis memiliki manfaat antibakteri, sehingga bakteri dalam lulur akan berkurang jumlahnya, walaupun sebenernya bakteri fermentasi beras itu aman bagi kulit. Kayu manis juga bagus buat kulit yang berminyak, karena dapat mengendalikan sekresi kelenjar minyak di kulit. Kopi mengandung kafein kan? Kafein ini ternyata bagus banget buat kulit. Kafein akan meningkatkan aliran darah ke kulit dan memberi energi sehingga kulit lebih prima. Oh iya kayu manis dan kopi ini juga berfungsi sebagai penyamar bau asam yang tidak begitu menyenangkan.

Aku sendiri luluran pakai ini seminggu sekali, Kan bikinnya juga butuh proses hehe. Mau mencoba?

Salam Ganteng

Suka artikel ini? Klik dan bagikan via

FacebookGoogle+LineTwitterWhatsapp

0 comments:

Post a Comment

Yang sabar ya, komennya ntar muncul kalau sudah aku approve.