Sunday, October 19, 2014

sumber
Obar jerawat memiliki berbagai macam bentuk, mulai dari krim topikla sampai obat minum. Salah satu obat jerawat minum adalah Accutane atau Roaccutane. Obat ini mengandung isotretinoin yaitu turunan dari vitamin A. Isotretinoin ini mirip dengan tretinoin yang sering ditemukan pada obat jerawat topikal. Cara kerjanya dengan menekan produksi minyak pada kulit. 

Accutane/roaccutane  merupakan obat yang sangat mujarab. Banyak yang kulitnya cepat sekali mulus kembali setelah pengobatan. Tapi efek samping yang ditimbulkan cukup keras dan patut dipertimbangkan. Tenang saja menurut beberapa dokter, efek samping accutane bagi cowok tidak seberat yang ditimbulkan bagi cewek. Berikut ini efek samping accutan / roaccutane yang mungkin akan muncul pada cowok.

Kuku dan kulit kering
Mengkonsumsi accutane / roaccutane dapat menyebabkan kekeringan pada kulit. Kulit dapat menjadi bersisik, bibir pecah, pecah bahakan gusi berdarah. Beberapa kasus yang parah dapat menyebabkan kuku kaki menjadi rapuh dan mudah copot.

Pusing
Efek samping ke dua yang mungkin timbul adalah pusing. Selain pusing, tubuh terlihat kurang stabil dan berjalan sedikit sempoyongan. Fokus dan konsentrasipun berkurang.

Berat badan turun
Ini kabar baik atau buruk ya? Hehe. Berat badan pengguna accutane dapat turun karena menyebabkan hilangnya nafsu makan.

Nyeri sendi
Accutan / roaccutane ternyata juga dapat menyebabkan nyeri pada sendi yang akhirnya membuat kesulitan bergerak.

Mengalami gejala seperti flu
Pengobatan dengan accutane / roaccutane kadang akan menyebabkan gejala flu palsu. Pasien akan merasa menggigil, demam, dan lemas. Untuk mengetahui ini hanya efek samping accutane / roaccutane atau memang sakit flu sebaiknya konsultasi dengan dokter.

Moody
Cowok dapat menjadi moody saat minum obat ini. Perubahan mood mencakup depresi, halusinasi, agresivitas dll. Jika terjadi gejala-gejala perubahan mood yang tidak normal segera konsultasi dengan dokter.

Infeksi saluran pernafasan
Pemakaian accutane/roaccutane membuat cowok rentan terhadap infeksi saluran pernafasan atau sesak nafas. Kerentanan ini akibat saluran pernafasan yang menjadi kering sehingga mudah terinfeksi.

Rambut rontok
Efek rambut rontok ini akan berhenti saat pengobatan accutane / roaccutane di hentikan.

Sakit perut
Komplikasi pencernaan yang paling umum terjadi sebagai efek samping obat ini adalah mual, muntah, sakit maag dan diare. Jika rasa sakit berlebihan dan feses menjadi tidak normal, segera hubungi dokter.

Gejala-gejala di atas adalah efek samping dari accutane / roaccutane. Sebelum meminta resep accutane / roaccutane konsultasilah selalu dengan dokter dan patuhilah resep dokter. Efek samping ini dapat bertahan di tubuh satu bulan setelah pengobatan berhenti karena isotretinoin dapat bertahan lama di dalam darah. 

Suka artikel ini? Klik dan bagikan via

FacebookGoogle+LineTwitterWhatsapp

0 comments:

Post a Comment

Yang sabar ya, komennya ntar muncul kalau sudah aku approve.