Thursday, October 9, 2014

Mencukur rambut sudah dikenal sebagai bagian perawatan diri sejak jaman prasejarah. Bahkan manusia purba telah mengenal alat cukur. Walaupun demikian tren mencukur atau memelihara rambut selalu berubah ubah, seperti orang mesir dan romawi yang meyukai mencukur jenggot berbeda dengan orang persia atau yunani yang memilih memelihara jenggot. Sampai jaman modern, mencukur atau memelihara rambut adalah pilihan individual. Sekarang teknik menghilangkan rambut pun sudah berkembang dengan canggih. Berikut ini perkembangan teknik menghilangkan rambut jenggot dan tubuh.

Mencukur
Pisau cukur pertama dibuat dari batu sekitar tahun 30.000 SM. Manusia purba mencukur rambut bertujuan untuk menghindari kutu di tubuh mreka. Kemudian pisau cukurlogam pertama muncul di Mesir dan India. Pada abad ke 18, perkembangan teknologi pisau cukur berkembang cukup pesat. Pisau cukur menjadi lebih aman dan nyaman dipakai. Bahkan pada saat itu Jean-Jacques Perret menyusun sebuah buku panduan seni mencukur rambut untuk pria.

Mencabut rambut
Peraturan mencabut rambut tubuh muncul pertama kali di mesir sekitar tahun 500 SM dan sangat populer di antara wanita. Alat yang digunakan belum berupa pinset tapi menggunakan benang. Teknik dengan benang ini sekarang disebut threading. Selanjutnya setelah perkembangan teknologi logam berkembang munculah pinset dan bahkan sekarang muncul pinset otomatis.

Menggunakan krim
Penggunaan krim yang mengandung bahan kimia dapat membakar rambut dan akhirnya menyebabkan kerontokan rambut. Awalnya zat yang digunakan arsenik namun karena berbahaya sekarang zat tersebut sudah tidak digunakan. Dulu, mereka yang ingin memakai krim penghilang rambut harus membuatnya sendiri atau memesan kepada ahli farmasi. Sapai akhirnya pada akhir tahun 1940, muncul produk krim yang diproduksi secara masal.

Waxing
Waxing muncul pertama kali di zaman Mesir kuno, teknik yang digunakan belum menggunakan wax/lilin tapi gula sehingga disebut sugaring. Sugaring mirip dengan waxing, hanya saja menggunakan larutan gula buatan sendiri. Gula yang dipanaskan sampai lengket kemudian dioleskan ke tubuh, setelah itu diletakkan kain di atasnya. Kain kemuadian ditarik. Teknik ini masih digunakan  sebagai alternatif alami untuk waxing. 

Itu lah perkembangan teknik menghilangkan rambut di tubuh. Sekarang pilihan kalian, mau tetap mencukur rambut tubuh atau tidak. Hehe.

Suka artikel ini? Klik dan bagikan via

FacebookGoogle+LineTwitterWhatsapp

0 comments:

Post a Comment

Yang sabar ya, komennya ntar muncul kalau sudah aku approve.