Friday, June 26, 2015

Bagi pemakai Vitacid atau Tretinoin pasti sudah mengenal istilah purging. Pasti yang sedang memulai perngobatan jerawat menggunakan Vitacid harap-harap cemas agar purging yang dialami tidak parah. Sebenarnya apakah purging itu?

1. Apakah Purging itu?
Purging dapat didefinisikan sebagai kondisi dimana kondisi kulit memburuk pada awal pemakaian produk skincare tertentu. Purging sering dialami oleh pemakai Vitacid yang mengandung tretinoin atau retinoid acid. Purging ini merupakan bagian dari pengobatan. Ibaratnya purging adalah purgatory. Ada yang tau konsep purgatory? Purgatory adalah suatu kondisi dimana dosa-dosa kita dibersihkan sebelum masuk surga. Hehe

2. Apakah semua orang bisa mengalami purging?
Tidak. Tidak semua orang akan mengalami purging. Karena seperti konsep skin care yag berlaku, kondisi kulit itu sifatnya indiviual. Ada orang yang memakai Vitacid tidak mengalami purging, ada yang purging ringan sampai berat.

3. Bagaimana tanda-tanda purging?
Purging mulai dari yang ringan adalah kulit menjadi kering dan mengelupas tipis. Sedangkan purging yang cukup berat bisa muncul papul-papul jerawat yang sangat mengganggu. Papul jerawat yang keluar ini disebabkan oleh terdorongnya calon jerawat dalam kulit, selain itu tretinoin juga mempercepat proses pematangan jerawat. Makanya jangan heran jerawat yang keluar akan cepat matang dan mengempes, namun akan muncul terut menerus sampai kulit bersih.

4. Bedanya dengan iritasi apa?
Beberapa orang pemakai tretinoin mengalami iritasi disamping purging. Iritasi ditandai dengan rasa pering, tidak nyaman, panas, dan terbakar. Jika kalian mengalami sensasi tersebut segera hentikan pemakaian tretinoin atau produk pemicu iritasi.

5. Berapa lama purging berlangsung?
Karena kondisi kulit bersifat individual maka lama proses purging pun bervariasi. Ada yang mengalami purging selama beberapa hari saja tapi ada yang berbulan-bulan.

6. Ada yang berpendapat purging itu hanya mitos, bagaimana itu?
Beberapa artikel menyebutkan purging hanyalah mitos. Atau bisa dibilang proses yang terjadi itu tergolong iritasi/breakout. Namun dalam etiket/brosur obat jerawat yang mengandung tretinoin biasanya sudah tercantum peringatan jika pada awal pemakaian jerawat akan memburuk namun lama-lama akan membaik. Jadi anggap saja ini adalah efek samping pengobatan.

7. Bagaimana cara mengurangi efek purging?
Baca "Cara mengurangi efek purging"

Suka artikel ini? Klik dan bagikan via

FacebookGoogle+LineTwitterWhatsapp

6 comments:

  1. apa timbul jerawat kecilkecil bernanah disekirat dagu dan pipi disertai panas dan gatal termasuk proses purging?

    ReplyDelete
  2. ud sebulan pake vitacid yg 0.05% bruntusan ga sembuh2 gmn nihhhj

    ReplyDelete
  3. Sy pakai vitacid sdh 2 minggu,tp jerwat sy tambah banyak di area pipi sm dagu.yg sy tnykn jerawat sy koj gk keluar matanya atau nanh gitu...apa ini purging apa tidak cocok ya sy pji vitacid,soalnya mukaku jg gk ngelupas2...mksih mhn d ksih solusi...

    ReplyDelete
  4. Berapa lm pakai vitacid mka akn purging.sy kok gk purging atau mka ngelupas ya...

    ReplyDelete
  5. Sy pki vitacid sdh 2 minggu,jarewat kecil2 tmbh bnyk tp kok gk ada nanah atu muka ngelupas ya...apakah sy tdk cocok ap gmn tlng ksih solusi trmksh...

    ReplyDelete
  6. Hai....kita sama saya udah 2minggu lebih purging ni,purgingnya sumpah parah banget,1000x lipat sebelum pakek vitacid.kamu udah sembuh blom.apa obatnya tolong bantu info dong.sumpah gw malu banget.muka udah kaya bukan muka.ancur lebur.

    ReplyDelete

Yang sabar ya, komennya ntar muncul kalau sudah aku approve.