Wednesday, August 30, 2017

Komedo adalah tersumbatnya pori-pori kulit. Komedo terdapat dua tipe yaitu blackhead dan whitehead, atau dalam istilah bahasa Indonesia adalah komedo terbuka untuk blackhead sedangkan komedo tertutup untuk whitehead.

Komedo berasal dari kata comedere dalam bahasa latin yang berarti memakan, dulu digunakan untuk menyebut cacing-cacing parasit bro, tapi menurut terminologi kesehatan modern komedo berarti material yang berbentuk seperti cacing. Nah inget sama video yang sempet viral yang menyatakan komedo itu sebenernya cacing? Hahaha

Komedo blackhead atau si kepala hitam dsebut demikian karena warna ujungnya hitam. Biasanya dalam keadaan terbuka sehingga bagian yang terekspos udara mengalami oksidasi dan berubah menjadi hitam. Sedangkan komedo whitehead, dalam keadaan tertutu sehingga tidak mengalami oksidasi dan tetep berwarna putih.

Sebenarnya apa sih isi komedo itu? Komedo berasal dari keratin sel kulit mati ditambah dengan debu dan minyak yang menyumbat kulit. Komedo bisa diklasifikasikan sebagai jerawat jika mengalami inflamasi dan infeksi sehingga berisi nanah. Hiiiii....

Penyebabnya adalah kulit memproduksi minyak secara berlebihan namun malah terjebak dalam pori-pori akibat penyumbatan sel-sel mati dan debu. Makanya, komedo lebih sering dialami pada masa pubertas dan orang yang memiliki kulit berminyak. Orang dengan kulit berminyak  memiliki pori-pori yang lebih besar, ini kalau tidak dirawat rawan tersumbat bro.

Yang memperparah munculnya komedo adalah penggunaan kosmetik dan kejorokan kita. Beberpa jenis kosmetik memiliki sifat komedogenik alias pemicu komedo. Walaupun sudah memakai kosmetik non-komedogenik kalau kalian malas membersihkan wajah, ya tetap dapat menjadi komedo lah! Makanya sebelum tidur pastikan wajah sudah bersih dari kotoran dan makeup.

Bagaimana cara agar tidak komedoan? Ya tentu harus membersihkan wajah secara teratur. Gunakan pembersih wajah yang lembut sehingga tidak mengiritasi kulit. Jangan lupa setiap seminggu sekali kita eksfoliasi menggunakan scrub. Jangan menggunakan scrub terlalu sering atau pada waktu berjerawat. Itu akan membuat kulit semakin bertambah parah keadaannya.

Pastikan kalian juga menjaga kebersihan alat pribadi kalian, baik itu handuk dan sarung bantal. Ganti secara teratur agar tidak menjadi sarang bakteri!

Untuk menghilangkan komedo kalian bisa menggunakan pore strip atau menggunakan comedo extractor. Kalian harus hati-hati ketika menggunakan comedo extractor, salah-salah kulit malah iritasi dan menjadi jerawat deh. (Baca : Menghilangkan Komedo dengan Putih Telur dan Komedo Ekstraktor)

Kalau ditanya obat yang bisa digunakan menghilangkan komedo kalian bisa mencoba Vitacid yang berisi tretinoin dan Glycore 10 yang berisi asam glikolat. Kombinasi dari keduanya dapat mengurangi komedo kalian.

Semoga berguna bro!
Salam ganteng

Suka artikel ini? Klik dan bagikan via

FacebookGoogle+LineTwitterWhatsapp

0 comments:

Post a Comment

Yang sabar ya, komennya ntar muncul kalau sudah aku approve.