Friday, July 21, 2017

Kulit Berminyak adalah Masalah Utama Pria
Punya kulit berminyak? Sudah dewasa kok masih kulitnya berminyak seperti remaja, kadang kita berpikir seperti itu kan. Ini disebabkan oleh aktivitas kelenjar sebaceus atau kelenjar minyak pada kulit yang dipengaruhi oleh hormon. Bahkan ketika mencapai usia dewasa sekresi kelenjar minyak cenderung meningkat. Hal ini berbeda dengan wanita dimana pada puncak usia 20-an sebum atau minyak malah cenderung menurun. Menurut penelitian sebuah produsen kosmetik ternyata sebum yang dihasilkan pria tiga kali lebih tinggi daripada wanita. Hasilnya kulit pria selalu terlihat seperti pantat penggorengan setiap saat. Hahaha.

Kulit Pria itu Kering tapi Berminyak
Fungsi sebum atau minyak kulit adalah melindungi kulit. Lapisan minyak disusun oleh campiran sebum dan air di kulit yang memberikan kelembapan pada kulit, melindungi dari bakteri dan mencegah kulit dehidrasi. Tetapi pada pria walaupun kelihatan berminyak, sebenarnya kulitnya dehidrasi atau kering. Ini disebabkan pria hanya memiliki lapisan keratinosit pada stratum korneum yang tipis, sehingga kemampuan kulit untuk menyimpan air sangat rendah.

Kulit Pria Berminyak yang Kinclong
Seperti yang telah disebutkan di atas, kondisi kulit pria lebih parah dibandingkat kulit wanita. Tetapi hanya sedikit pria yang peduli pada kesehatan kulitnya. Pada umumnya kesalahan yang terjadi adalah pria lebih sering mencuci wajahnya dan tidak menggunakan pelembap serta sunblock. hasilnya kulit akan terlihat kasar dan kusam. Selain itu sabun wajah akan semakin membuat kulit kering dan akhirnya memaksa kelenjar minyak memompa minyak lebih banyak ke kulit. Dan jadilah kulit kinclong mirip kecoa!

Perawatan yang Tepat untuk Kulit Berminyak
Nah untuk itu diperlukan perawatan yang tepat untuk kulit berminyak, yaitu moisturizer atau pelembap! Sebaiknya menggunakan pelembap yang ringan di pagi hari dan krim malam yang menutrisi kulit sebelum tidur. Hal ini akan membantu kulit menjaga kadar air sehingga kelenjar minyak tidak akan bekerja keras memompa sebum, dan masalah kulit kinclong seperti pantat penggorengan akan berkurang!

Hati-hati memilih pelembap. Jika tidak hati-hati kulit malah akan tambah kering dan semakin berminyak deh. Dan menurut pengalaman pribadiku, kebanyakan pelembap khusus pria malah cenderung membuat kulit berminyak, jadi kalian harus tetap mencoba sesuai kecocokan kulit kalian.

Semoga bermanfaat bro!
Salam Ganteng

Suka artikel ini? Klik dan bagikan via

FacebookGoogle+LineTwitterWhatsapp

0 comments:

Post a Comment

Yang sabar ya, komennya ntar muncul kalau sudah aku approve.