Saturday, May 20, 2017

Musim panas segera datang! Saatnya merawat kulit untuk persiapan ke pantai! Haha. Walaupun indonesia hanya kenal dua musim yaitu musim kemarau dan penghujan, kita tetap menunggu bulan Juni-Juli kan? Karena kebanyakan dari anak sekolah dan kuliah libur panjang pada bulan ini. Saat-saat liburan itu pantai menjadi salah satu tujuan paling favorit. Tentu foto-foto di pantai akan jadi lebih kece kalau kulitnya terawat. Nah berikut ini beberapa tips dan resep merawat kulit persiapan liburan.

Pastikan minum cukup air.
Suhu yang panas tentu membuat kita berkeringat. Jika tidak diimbangi dengan minum cukup air. Tubuh kita akan dehidrasi. Dehidrasi jangka panjang sangat berbahaya bagi tubuh dan tentu saja kulit. Kalian juga dapat minum air dengan perasan lemon atau infused water. (Baca : Skin Detox ala Chizu Saeki)

Lindungi Kulit
Sinar UV matahari dapat merusak kulit kalian, mulai dari terbakar, keriput sampai yang paling berbahaya yaitu kanker kulit. Jadi sangat penting bagi kita untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Gunakan sunblock untuk melindungi kulit, walaupun kalian sudah menggunakan baju, sinar UV masih dapat merusak lho. Disarankan untuk menggunakan sunblock minimal SPF 30 yang dapat menangkal 97% sinar UV. (Baca : Tentang sunblock yang harus kalian tahu! )

Nah sekarang adalah resep DIY yang dapat kalian coba untuk mendapatkan kulit memukau saat musim panas.

Resep Scrub Pencerah Wajah.
Kulit kita meregernerasi setiap 14-28 hari sekali. Untuk mendapatkan kulit yang terlihat segar, halus dan lembut, sangat penting mengeksfoliasi kulit mati setiap 7-14 hari sekali tergantung jenis kulit kalian. Kalau kulit kalian cukup badak kalian bisa melakukannya 5-7 hari sekali sedangkan bagi yang sensitif sebaiknya 10-14 hari sekali.

Bahan :
  • 2 sendok makan minyak zaitun, disarankan EVOO atau minyak lain yang kalian suka
  • 1,5 sendok makan gula palem. Mengapa bukan gula pasir? Karena lebih lembut.
  • 0,5 sendok makan air jeruk lemon

Langkah :
Campur semua bahan. Bersihkan wajah menggunakan pembersih yang lembut. Aku lebih suka menggunakan Viva Milk Cleanser kemudian dibilas air hangat. Uap wajah atau kompres dengan air hangat agar pori-pori terbuka. Gunakan scrub yang sudah dicampur, gosok dengan lembut dengan gerakan memutar selama 45-60 detik. Bilas dengan air hangat. Atau kalian bisa menggunakan pembersih kembali.

Manfaatnya :
Minyak zaitun membantu melembutkan kulit, selain itu minyak juga membantu membersikan kulit berminyak. Gula mengandung asam glikolat (AHA), yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Begitu juga air lemon yang sudah kita kenal sebagai eksfoliator.

Setelah kulit menjadi bersih kita lanjutkan membuat masker.

Resep Masker Awet Muda Pepaya
Bahan :
  • Buah pepaya matang dan segar, bersihkan bijinya
  • 1 sendok makan plain yoghurt atau kefir
  • 1 sendok teh madu murni
  • 1 sendok teh air heruk lemon
  • 1 putih telur. Lebih baik yang organik / telur kampung

Langkah :
Campur semua bahan sampai halus. Gunakan blender atau food processor. Oleskan ke wajah dan leher selama 20-30 menit. Bilas dengan air suam-suam kuku. Hindari menggunakan pembersih yang keras. Oleskan serum dan pelembap favorit kalian. Kalau aku ya Serum Vitamin C.

Manfaat :
Pepaya dan yoghurt mengandung AHA yang dapat mengangkat sel kulit mati. Madu sebagai antioksidan. Lemon dan putih telur membantu mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori.

Kalau wajah sudah, saatnya merawat tubuh kalian.

Lulur Kelapa dan Lemon
  • 0,25 cangkir santan segar
  • 0,75 cangkir gula palem
  • 0,25 cangkir minyak kelapa. Disarankan VCO atau EVCO
  • 3 sendok makan air jeruk lemon.

Langkah :
Campur sampai menjadi pasta. Gosok ke seluruh tubuh dengan lembut. Bilas sampai bersih

Manfaat :
Minyak dalam santan akan membantu melembabkan kulit kalian. Jangan gunakan lulur ini jika kulit kalian cenderung berminyak.

Oh iya tips terakhir, perbanyak makan buah dan sayur,kandungan vitamin dan mineralnya akan membantu kulit tetap sehat mempesona.

Salam Ganten!

Suka artikel ini? Klik dan bagikan via

FacebookGoogle+LineTwitterWhatsapp

0 comments:

Post a Comment

Yang sabar ya, komennya ntar muncul kalau sudah aku approve.